Donat Kukus Pandan

Siapa yang tidak suka dengan donat kukus pandan yang lezat dan harum? Donat kukus pandan, penganan tradisional yang selalu menjadi favorit di berbagai acara, seperti ulang tahun, karnaval atau upacara pernikahan. Membicarakan donat kukus pandan, tak akan pernah ada habisnya. Selain enak, donat kukus pandan juga memiliki rasa yang unik dan khas, serta kenangan masa kecil tersendiri.

Anda pasti pernah merasakan beberapa kendala saat membuat donat kukus pandan sendiri. Bagaimana membuat donat kukus pandan yang empuk dan lezat? Bagaimana agar donat kukus pandan tetap awet dan tidak cepat basi? Bagaimana membuat donat kukus pandan dengan tekstur yang bagus?

Donat kukus pandan adalah kue basah yang bercita rasa pandan. Sedikit minyak kelapa di dalam adonan membuat donat kukus pandan lebih lembut dan kenyal. Untuk menyelesaikan masalah donat kukus pandan yang kurang berhasil, kita perlu fokus pada pembuatan adonan. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain terigu, ragi, gula, minyak, serta air pandan.

Setelah memahami bahan-bahan, berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat donat kukus pandan yang enak dan empuk. Campur bahan pengembang (ragi) dengan sedikit air hangat dan gula hingga tercampur rata. Tunggu sampai lebih kurang 10 menit hingga terlihat permukaan berbusa. Campurkan air pandan ke dalam adonan. Tambahkan bubuk vanila dan mentega, aduk rata hingga lembut. Tambahkan terigu sedikit-sedikit, adonan diuleni dengan tangan hingga kalis dan kenyal. Setelah adonan dirasa kalis, biarkan selama 1-2 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.

Resep Donat Kukus Pandan yang Lezat dan Empuk

Saya memasak donat kukus pandan untuk pertama kalinya saat acara ulang tahun anak saya. Donat kukus pandan yang saya buat alhamdulillah berhasil, dan enak! Donat kukus pandan warna hijau dengan tekstur yang halus dan empuk serta aromanya yang harum membuat siapa saja yang mencoba jadi ketagihan. Berikut resepnya, yuk!

Resep dan Cara Membuat Donat Kukus Pandan Hijau yang Alami, Enak, Lezat

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • Flavor pandan secukupnya (boleh diganti dengan pasta pandan)
  • 1/4 sendok teh ragi instan
  • 120 ml air pandan, blender daun pandan dengan air secukupnya
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 3 sendok makan margarin
  • 40 gram gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 50 ml air es

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, campurkan ragi instan, gula pasir, dan sedikit air hangat 40 cc. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata. Biarkan beberapa saat sampai terlihat gelembung-gelembung kecil. Artinya ada aktivitas kerja ragi.
  2. Ambil wadah besar, lalu masukkan margarin, telur, air es, vanili bubuk dan air pandan. Aduk rata hingga bahan tercampur merata.
  3. Masukkan tepung terigu protein rendah sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk hingga adonan menggumpal dan menjadi elastis.
  4. Setelah kalis, tutup adonan dengan kain dan diamkan selama kurang lebih 40-50 menit hingga adonan mengembang.
  5. Untuk membuat bentuk donat, ambil adonan donat kukus pandan, lalu giling dan pipihkan hingga setebal 1 cm.
  6. Setelah itu, mould (alat pemotong donat) dicelupkan ke dalam tepung terigu, lalu dicetakkan ke adonan, lalu letakkan pada loyang yang telah dilapisi dengan kertas roti.
  7. Terakhir kukus donat pada air yang mendidih selama 7-8 menit.
  8. Angkat dan biarkan dingin.
  9. Donat kukus pandan siap disajikan. Jangan lupa, berikan topping sesuai selera, seperti coklat, keju, atau gula serbuk.

Makanan yang Pas Disantap Ketika Ngopi

Bukan rahasia lagi bahwa donat kukus pandan adalah makanan yang cocok untuk dinikmati saat minum kopi. Selain kue bolu, croissant, muffin dan scone yang menjadi teman minum kopi, donat kukus pandan juga bisa dijadikan pilihan. Donat kukus pandan yang kenyal dan legit cocok jadi teman ngopi ketika menunggu pesanan makan. Rasanya yang manis dan pandan yang khas pasti membuat lidah bergoyang. Yuk, nikmati kopi sambil makan donat kukus pandan yang lezat!

Tips Memilih Bahan untuk Membuat Donat Kukus Pandan

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Pandan Kukus yang Lembut, Lezat dan

Bahan-bahan penting dalam membuat donat kukus pandan adalah tepung terigu, ragi dan pandan. Pastikan tepung terigu yang digunakan adalah tepung terigu protein rendah, karena kelebihan protein bisa membuat adonan menjadi kasar dan keras. Ragi digunakan sebagai pengembang, Anda bisa memilih ragi instan atau ragi biasa. Sedangkan untuk pandan, Anda bisa menggunakan daun pandan segar maupun essence pandan.

Cara Mengawetkan Donat Kukus Pandan agar Tahan Lama

Donat kukus pandan yang empuk dan lezat pasti sulit disimpan. Tetapi, jangan khawatir, ada cara agar donat kukus pandan tahan lama. Setelah mengukus, tiriskan donat kukus pandan dan simpan di toples atau wadah tertutup. Sebelum dimasukkan ke dalam toples, jangan lupa beri alas wadah dengan tissue atau kertas roti agar donat kukus pandan tidak lembab. Taruh selang-seling donat kukus pandan dan tissue/kertas. Setelah itu, tutup wadah dengan rapat agar tidak masuk udara dan bakteri. Dengan begitu, donat kukus pandan akan tahan lebih lama.

Cara Membuat Donat Kukus Pandan Kentang yang Empuk dan Enak

Belum puas dengan resep donat kukus pandan yang sudah ada? Ingin membuat varian donat kukus pandan yang lebih unik? Anda bisa membuat donat kukus pandan kentang yang empuk dan enak. Berikut bahan yang dibutuhkan:

  • 350 gram kentang, kukus dan haluskan
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 30 gram tepung hunkwe
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 50 ml santan kental
  • 50 ml air suji, atau air pandan
  • 2 butir telur
  • 50 gram gula pasir
  • 15 gram ragi instan

Cara membuat donat kukus pandan kentang:

  • Campurkan semua bahan-bahan ke dalam mangkuk adonan, aduk hingga lembut dan kalis.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bentuk adonan menjadi bola kecil, dan lubangi bagian tengahnya.
  • Kukus selama 20 menit.
  • Keluarkan dari kukusan dan diamkan hingga dingin.
  • Tambahkan topping seperti cokelat atau gula serbuk sesuai selera.
  • Donat kukus pandan kentang siap disajikan.

Pertanyaan dan Jawaban seputar Donat Kukus Pandan

  • Bagaimana cara membuat donat kukus pandan yang empuk dan lezat?
    Campurkan bahan pengembang (ragi) dengan sedikit air hangat dan gula hingga tercampur rata. Tambahkan air pandan ke dalam adonan. Tambahkan bubuk vanila dan mentega, aduk rata hingga lembut. Tambahkan terigu sedikit-sedikit, adonan diuleni dengan tangan hingga kalis dan kenyal. Setelah adonan dirasa kalis, biarkan selama 1-2 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  • Bagaimana cara menyimpan donat kukus pandan agar tidak cepat basi?
    Setelah mengukus, tiriskan donat kukus pandan dan simpan di toples atau wadah tertutup. Sebelum dimasukkan ke dalam toples, jangan lupa beri alas wadah dengan tissue atau kertas roti agar donat kukus pandan tidak lembab. Taruh selang-seling donat kukus pandan dan tissue/kertas. Setelah itu, tutup wadah dengan rapat agar tidak masuk udara dan bakteri. Dengan begitu, donat kukus pandan akan tahan lebih lama.
  • Apakah donat kukus pandan cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak?
    Donat kukus pandan dapat menjadi salah satu pilihan camilan bagi anak-anak. Akan tetapi, konsumsi donat kukus pandan harus tetap dijaga agar tidak berlebihan. Sebaiknya, konsumsi donat kukus pandan yang dibuat secara homemade dan dikonsumsi secukupnya.
  • Apa saja variasi donat kukus pandan selain kentang?
    Selain donat kukus pandan kentang, ada juga variasi donat kukus pandan berinti cokelat, keju, atau kacang. Kita bisa tambahkan selai atau potongan buah di atas donat kukus pandan untuk membuatnya lebih istimewa. Atau, bisa juga tambahkan gula merah atau meses sebagai hiasan.

Conclusion of Donat Kukus Pandan

Donat kukus pandan adalah makanan tradisional Indonesia yang sangat digemari. Rasanya yang manis dan harum membuat siapa saja terpesona. Ada banyak cara untuk membuat donat kukus pandan, dan variannya pun sangat beragam. Selain itu, donat kukus pandan juga cocok dijadikan teman minum kopi. Terakhir, jangan lupa tentang cara menyimpan donat kukus pandan agar tahan lama. Selamat mencoba membuat donat kukus pandan sendiri di rumah!

Gallery

Resep Donat Pandan Dari Kentang Empuk Dan Tahan Lama | Kue Pelangi

Resep Donat Pandan Dari Kentang Empuk dan Tahan Lama | Kue pelangi
Photo Credit by: bing.com / kue donat pelangi kukus membuat bolu kentang empuk pandan tahan

Resep Dan Cara Membuat Donat Kukus Pandan Hijau Yang Alami, Enak, Lezat

Resep dan Cara Membuat Donat Kukus Pandan Hijau yang Alami, Enak, Lezat
Photo Credit by: bing.com / donat resep pandan selerasa lezat nikmat alami kukus hijau nama

Resep Kue Donat Kukus Pandan – Aroma Rasa Pandan Dan Tekstur Yang Halus

Resep Kue Donat Kukus Pandan – Aroma Rasa Pandan Dan Tekstur Yang Halus
Photo Credit by: bing.com / pandan kukus donat kue tekstur resepkoki halus

RESEP DAN CARA MEMBUAT DONAT KUKUS KETAN HITAM - Masakan Pol Enak

RESEP DAN CARA MEMBUAT DONAT KUKUS KETAN HITAM - Masakan Pol Enak
Photo Credit by: bing.com / donat kukus hitam ketan lembar daun pandan

Resep Dan Cara Membuat Kue Donat Pandan Kukus Yang Lembut, Lezat Dan

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Pandan Kukus yang Lembut, Lezat dan
Photo Credit by: bing.com / donat kukus pandan kue selerasa lezat lembut berselera


Belum ada Komentar untuk "Donat Kukus Pandan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


 

x